Kamis, 07 Januari 2010

Tips Mencari Kamera Digital Yang Keren

kamera digital

kamera digital

Anda ingin model kamera seperti apa? digital atau analog, yang perlu diperhatikan dalam sebuah kamera adalah pada teknologi lensa, karena bagian inilah yang menjadi mata kamera dalam membidik dan menangkap obyek.

Dilihat dari teknologi lensanya, ada 3 pilihan teknologi kamera digital secara gradual, yaitu kamera semi-SLR, kamera saku, dan kamera SLR.

SLR (single lens reflex), adalah sebuah teknologi lensa kamera bergerak yang terpasang di antara media penangkap obyek dan lensa kamera . Teknologi SLR ini bisa membuat kamera mencitrakan obyek yang ita bidik seperti aslinya atau apa adanya.

Kamera saku tidak memiliki kemampuan untuk mencitrakan obyek yang kita bidik seperti aslinya, kamera ini hanya dibekali lensa zoom. Kamera jenis saku in agak lambat dalam imagecapture (proses membidik hingga menyimpan hasil bidikan tersebut).

Kamera semi-SLR adalah kamera digital yang dilengkapi dengan lensa SLR dan satu tingkat di atas kamera saku. Ada dua yg menjadi perbedaan utama antara kamera digital dengan kamera SLR, yaitu lensa dan viewfinder. Kamera semi-SLR hanya punya lensa tunggal yang terpasang di bodi kamera, sehingga tidak dapat berganti lensa seperti yang ada pada kamera SLR.

Teknologi viewfinder-nya juga berbeda meski sama-sama memakai lensa SLR untuk membidik, karena yang tampil di LCD layar kamera semi-SLR adalah pencitraan digital. Sementara pada kamera SLR, yang tampil di LCD merupakan hasil pencitraan optik.

Kamera SLR merupakan kamera digital paling berkelas karena mempunyai bermacam koleksi lensa SLR untuk berbagai keperluan yang berbeda. Harganya memang mahal karena sebagian besar komponen harganya berasal dari variasi lensa SLR yang bisa dibongkar pasang sesuai kebutuhan.

Mau memilih genre kamera digital yang mana, tentunya harus sesuai dengan kebutuhan. Kalau cuma untuk suasana yang fun dan rekreasi, tentunya pilihannya adalah kamera saku yang murah meriah. Tapi kalau untuk kebutuhan profesional tentu saja pilihannya adalah kamera SLR.

Jika ingin menganggarkan kedua kebutuhan itu, pilihannya adalah kamera semi-SLR yang sering juga disebut sebagai kamera prosumer, singkatan dari kata professional dan consumer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar